Label

Minggu, 10 Juli 2016

Resep Bakso Lombok Ijo

Lebaran tahun ini keluarga kumpul semua. Time to cooking! :D Akhir-akhir ini lagi suka banget sama memasak. Mencoba resep baru dan nekat aja masak, padahal baru sekali itu mencoba. :D tantangan paling bikin lumayan galau adalah memasak cumi di bulan ramadhan kemarin. Eleuh ... si kakak teh minta di masakin tumis cumi. >_<  dan saya belum pernah memasak cumi dan tidak tahu bagaimana mengatasi cumi. hmmm ...


Ya, modal nekat dan nyari info di internet. Alhamdulillah, si cumi bikin nagih euy. 

Oke lanjut ya. :D lebaran ke empat, saya mencoba resep baru yang sudah tersedia di rumah. Kebetulan ada bakso. Tinggal beli cabe hijau besar dan tomat aja, yang lain sudah lengkap.
pertama, siapkan semua bahan. jangan suka terburu-buru kalau belum siap. nanti jadi kacau lho masaknya. (pengalaman). 
1. Bakso sudah siap masak. (karena saya giling, jadi tadi harus bulatin bakso dan rebus dulu :P )
2. bawang putih 7 siung ukuran besar
3. bawang merah 7 siung ( ini sesuai selera. saya lebih suka kedua bawang ini lebih. apalagi bawang putih, makin sedap :D)
4. serai 1 batang, cabe hijau 1 ons, tomat dua buah ukuran sedang dan cabe pedas 4 biji.
5. daun jeruk 2 lembar
6. daun salam 3 lembar
7. lengkuas dan jahe secukupnya. jangan kegedean ya. Emmm, ukuran jempol saya lah. jempol kamu entahlah, kan beda ukuran tiap orang. :D :p
 ( ingat, anak gadis yang lagi belajar masak, harus bisa membedakan mana lengkuas, jahe, kunir, kunci > bukan kunci rumah atau motor lho ya. hehehe ...)
8. garam secukupnya
9. kecap manis cap bangau satu sachet ( iklan ni ye ...)
10. air satu gelas blimbing


Semua bumbu yang sudah di iris di jadikan satu. Siapakan wajah diatas kompor. Minyak 4/5 sendok makan. Kalau sudah panas masukkan semua bumbu kecuali air, garam dan kecap. Kalau semua bumbu sudah keliaatan wangi, baru kasih air, garam dan kecap. Setelah itu masukkan baksonya. Tunggu sampai airnya tinggal sedikit, jadi agak kental seperti di beri saus tiram. :) Bisalah di kira-kira, yang penting jangan sampai gosong gitu. :D Kemudian siapkan di atas meja. :)




Tara ... Masakan sudah jadi. :)

Bakso Lombok Ijo
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar