Label

Sabtu, 20 Februari 2016

mengetahui apa itu kanzashi.

Bismillahirahmanirrahim.

     Ogenki desu ka mina san? konbawa. :) Hari ini saya mau berbagi cerita hasil ngulik sana-sini apa itu kanzashi. Jadi, sebagai salah satu orang yang sudah jatuh cinta dengan craft dari jepang ini, saya juga harus tahu dong sejarah kanzashi. tidak hanya suka melipat-lipat kain tapi tidak tahu apa itu kanzashi. dulu pernah browsing, tapi susah sekali mendapat infonya. mungkin saya salah kata kunci dalam pencarian di google. 

     Kanzashi adalah aksesoris rambut/hiasan untuk tatanan rambut tradisional jepang. Hiasan ini sering digunakan oleh para geisha, geiko dan maiko. tahukan baju kimono? nah kanzashi itu yang ada di rambut mereka itu. Pertama kali di perkenalkan pada saat era Jomon (14000 BC) dan dipercaya memiliki kekuatan mistik atau dapat mengusir roh jahat. Kanzashi  (かんざし) dengan huruf hiragana. Kalau kamu mengetik dalam pencarian dengan huruf kana, kamu akan menemukan gambar seperti tusuk konde. Kenapa? Karena seperti yang saya paparkan diatas. Kanzashi itu berarti hiasan rambut.  Bentuk kanzanshi ternyata berbagai bentuk lho. Tidak hanya satu jenis saja. Mulai dari tama (bola kecil), bira, kanoko-dome, oogi bira, kushi (sisir yang rapat) dan lainnya. Berikut ini gambar yang dapatkan dari mesin pencarian, 



     Tsumamizaiku (つまみ細工) biasa juga ditulis tsumami-zaiku, artinya,
 tsumami = "pinching/menjepit"
zaiku = "work/kegiatan". 
Tsumamizaiku mengacu pada kerajinan tangan asal Jepang yang melibatkan kain yang sudah dikeraskan dan dibentuk persegi. Kain itu kemudian dijepit menggunakan pinset dan dilipat dan dibuat menjadi berbagai bentuk. Tsumani kanzashi resmi ditetapkan menjadi kerajinan tangan tradisional jepang sejak tahun 1982 di Tokyo.
     Seiring berjalannya waktu. Kanzashi tidak hanya dipakai oleh para geisha. Setiap orang boleh mengunakan kanzashi kapanpun dan dimanapun. Hasil dari kerajinan lipat kain ini tidak hanya untuk rambut saja lho. sekarang ada bandana, bros, pin, gantungan kunci dan bahkan sekarang untuk hiasan hijab bagian kepala. bagaimana? tertarik belajar atau koleksi dari hasil kanzashi teman? :)
                             bros kanzashi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar