Label

Minggu, 06 Desember 2015

Bedah buku Bersama Benzbara




     Sudah tahu dong siapa Benzbara? Nah, bulan november yang lalu ada bedah buku lho bersamanya. Wah dimana? Diperpus kota dong. Jadi ada sebuah komunitas buku gitu di magelang. Komunitas yanh bernama ulat buku.  Mereka namakan event ini dengan gosip #5. Nah gosip kelima ini mendatangkan Benzbara. Sebelumnya sudah ada bedah buku. Ada bedah buku berjudul, Bulan Merah, Catatan Harian Johanna dan Menikahlah Denganku yang ditulis oleh anggota klub ulat buku. Kerennn ya? komunitas ini anggotanya sudah menghasilkan karya. Wuihh ... ada yang dari bentang pustaka, GPU dll.

     Asyiknya waktu liburan. Lebih menyenangkan untuk mengikuti acara seperti ini. Jadi lebih produktif deh waktunya. Nambah pengalaman dan teman pula. Klub ini akan membedah buku berjudul "jika aku milikmu" karya Bezbara.

Buku berkisah seorang gadis bernama Nur yang saling jatuh cinta dengan tokoh bernama Syarif. Nur gadis pandai bermain biola. Nah, namanya kisah cinta, tak sedap bila tak ada bumbu orang ketiga. :D dalam novel ini pun dihadirkan tokoh bernama Mei. Kelanjutannya beli bukunya saja deh, Nanti saya membocorkan isi lagi. :D

     Apa saja sih kegiatan klub ulat buku ini saat bedah buku? sesi pertama perkenalan. Peserta yang hadir banyak juga lho. ada yang dari komunitas buku jogja juga. yang kedua kita membedah buku dengan membaca beberapa halaman untuk setiap pesertanya secara bergantian. Lalu pembaca memberi komentar dari isi buku tsb. Apa sih pesan yang ingin disampaikan dari penulis? Semuanya dikupas rame-rame di gosip #5. 

Saya pun kebagian membaca beberapa halaman. seru sih, tapi ya Allah ... Deg-degan banget. Untung bisa menyembunyikan rasa gugup ini. jantungku berdebar kencang. Halah ... Kayak ketemu siapa aja nih. :D wajarlah kalau gugup. Baru pertama kalinya juga membaca dihadapan banyak orang. Jadi  ini pengalaman pertama ngomong didepan orang banyak yang enggak saya kenal satu pun orangnya. Hasil diskusi ini jadi evaluasi buat saya. Bisakah membacakan dialog dalam cerita seakan saya yang mengalami dalam kisah tsbt. 

Ada sesi petanyaan juga lho. Ada pertanyaan yang saya ambil yang menurut saya ini bagus untuk disampaikan pula pada pembaca.
"bang Benz, saat menulis ada riset enggak? dan tulisan itu didiskusikan dulu sama teman atau tidak?"


Saya jabarkan sesuai bahasa saya ya. :D riset itu perlu. apalagi tema yang diambil peran Nur sebagai pemain biola. Jadi harus tahu detail tentang biola. meski tak semua yang kita ketahui itu harus ditulis ya. Karena sebagai penulis, tak harus semua apa yang kita ketahui ditumpahkan semua dalam tulisan. Nanti malah jadi sebuah data yang akan menutupi inti dalam cerita tersebut. Cukup sesuai kebutuhan saja. Kita juga perlu diskusikan sama teman. karena dengan diskusi juga akan mendapatkan hal baru.
Bang Benz ini memiliki catatan kecil lho untuk nulis-nulis catatan sebagai bahan cerita. Note kecil itu selalu dia bawa. Kalau ada inspirasi ditulis deh ke catatan itu.

nah, gimana dengan kita? sudahkah menyediakan catatan khusus untuk tulisan? Catatan-catatan kasar yang nanti bisa dikembang menjadi sebuah buku. 

Semangattt nulis ya. ^_^ 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar