Label

Selasa, 20 Oktober 2015

Kita adalah Sang Motivator!

Bila engkau bekerja dengan cinta 
Itu berarti engkau menenun dengan sutra dari hatimu
Seakan kekasihmu sendiri yang mengenakannya
Itu berarti engkau menabur dalam kelembutan, memetik dengan sukacita
Seakan kekasihmu sendiri yang menikmatinya di meja perjamuan
Kerja adalah cinta yang nyata, kasih yang tampak. 

(Bekasi, 6 Desember 2009 : Untuk para pahlawan pendidikan.)

      Membaca kisah dalam buku ini membuatku tahu perjuangan besar yang dilakukan oleh guru. Kadang ada bisikkan hati untuk pindah dari tempat kerja. Memperjuangkan sesuatu yang menurutnya memang patut untuk diperjuangkan. Memberanikan diri untuk tidak tinggal diam seperti yang lain. Memprotes sebuah kebijakan yang menurutnya salah, ternyata berbuah sebaliknya. Angka gaji bulan itu tiba-tiba merosot dan membuat semangat turun. (hal 54)

     Sabar dalam menghadapi tingkah anak SD kelas satu. Murid menangis karena tak bisa mengerjakan soal. Minuman murid tumpah, belum selesai satu kejadian bertambah minuman murid lain ada yang tumpah lagi membanjiri lantai kelas. Tangisan, air minum tumpah, dan tambah lagi murid berkelahi. Bagaimana cara mengatasinya? jika bukan dengan kesabaran hati yang luar biasa. Guru pun kadang harus mengurusi murid yang pipis atau pup di celana. Anak merasa tak nyaman di sekolah, gurulah yang memberikan pelukan dan semangat. Anak tak mau makan siang, guru yang memotivasi bahkan menyuapi. Kadang bahkan tak ada yang membawa alat tulis, tidak bawa uang jajan, guru tidak tinggal diam. Betapa hebatnya guru? (hal 51)

     Guru juga tetap terus belajar menambah wawasan untuk materi belajar. Membuat murid tidak bosan di kelas, tertarik mengikuti pelajaran dengan senang hati. Pentingnya waktu dan kreativitas bagi seorang pendidik. Tugas pendidik adalah mengisi berbagai kreativitas yang produktif. Karya yang indah walau sederhana, bernilai positif dan terpenting bermanfaat untuk orang-orang sekitar. Apa pun dan siapa pun kamu, jadilah yang terbaik! (hal 27)



Judul Buku : Aku Bangga Menjadi Guru

Penulis : Titin Supriatin

Penerbit : Lentera Ilmu Cendekia

Cetakan : I, 2012

Tebal : 113

ISBN : 978-602-8969-52-9

     

    

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar